xxx

Senin, 14 April 2014

Resume "Pendidikan Seni"

Pendidikan Seni di Sekolah Dasar

Pendidikan seni dalam pendidikan sekolah dasar berfungsi sebagai alat atau sarana, bukan sebagai tujuan. Pendidikan seni ini di ajarkan di sekolah dasar adalah untuk mencapai tujuan.
Tujuan dari pendidikan seni adalah sebagai berikut.
1.      Pendewasaan diri
      Sebagai seorang guru harus dapat memahami bagaimana kita dapat menyikapi setiap keadaan dengan positif. Pendewasaan diri seseorang selalui melalui tahapan-tahapan atau perubahan-perubahan pola pikir dan emosi. Jadi guru harus dapat memahami dan membetuk pendewasaan semua siswanya.
2.      Pematangan kemampuan
    Seorang guru dapat membentuk kematangan kemampuan siswa dam kemampuan untuk merespon secara berbeda-beda, kemapuan secara efektif menghormati sesama dan mampu berpikir realistic.
3.      Pematangan keterampilan
Sebagai guru harus dapat menggali keterampilan siswa dengan memberikan berbagai pengetahuan untuk memperkaya keterampilan dan mampu memecahkan permasalahan dan mencapai tujuan pematangan keterampilan siswa. Memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
4.      Pematangan kesiapan
Dalam hal ini guru juga harus melatih siswa dalam pematangan kesiapannya menerima setiap pembelajaran dan dapat meneriman konsekuensi-konsekuensi dari perilaku yang dilakukan siswa.

Sebagai seorang guru seni rupa di sekolah dasar, dalam menilai karya seni rupa siswa bukanlah hasil yang karya akhir yang dinilai namun proses dari pembuatan karya seni rupa tersebut. Pada usia sekolah dasar hasil karya seni seluruh siswa pasti berbeda. Karena tingkat kemampuan siswa ini berbeda-beda. Jadi, seorang guru harus dapat menilai proses ini dan menempatkan siswa tersebut pada tahap yang sesuai dengan usianya. Jangan selalu menyalahkan hasil menggambar siswa yang terlihat aneh atau tidak masuk akal. Amatilah proses pembuatannya dan cara berfikir siswa tersebut.

By : Dwi Sariani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar