xxx

Minggu, 09 Maret 2014

Melukis Menggunakan Cat Air

Goresan Warna di Atas Kertas Putih

M
elukis itu sangat menyenangkan dan membutuhkan suatu inspirasi untuk dituangkan ke dalam lukisan yang hendak dibuat. Alat-alat yang digunakan harus yang baik agar menghasilkan lukisan yang bagus. Alat-alat yang digunakan dalam melukis antara lain, cat air, kuas, pallet, kertas lukis, dan air. Cat air tersebut dicampur dengan air secukupnya, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam melukis membutuhkan keterampilan, ketelitian, dan ketepatan memilih dan memadukan warna serta ketekunan dalam menyelesaikan lukisan tersebut. Kebersihan juga sangat diperlukan dalam melukis.





Awalnya ketika disuruh melukis saya merasa bingung dan berfikir apa yang hendak saya lukis. Kemudian dengan bimbingan dosen, kami disuruh mengisi kuas dengan cat air kemudian digoreskan di atas kertas dengan mengikuti nada dari salah satu teman yang ditunjuk untuk bernyanyi di depan kelas. Goresan yang saya buat hanya berbentuk lika-liku naik-turun yang saya belum mengerti apa bentuk apa yang akan saya buat. Saya terus mencoba menggoreskan dengan bentuk lain dan dipadukan dengan beberapa warna lain. Setengah perjalanan lukisan ini masih belum saya ketahui bentuknya seperti apa, dan ada rasa sedikit kecewa dan ingin membuat ulang agar dapat menghasilkan lukisan yang lebih bagus. Tetapi niat ingin mengganti itu hilang ketika dosen saya mengatakan “teruskan saja goresan yang Anda buat,tambahkan lagi warna lain hingga menghasilkan sesuatu”. Saya pun terus melanjutkan lukisan ini hingga selesai. Kertas yang awalnya berwarna putih kini penuh dengan goresan-goresan warna dan akhirnya bentuk yang hasilkan yaitu menyerupai pemandangan. Meskipun hasilnya belum cukup bagus, namun saya ingin mencoba lagi hingga menghasilkan lukisan yang bagus.
Jadi, jangan takut untuk mencoba melukis meskipun kita tidak memiliki keahlian dalam hal itu. Selama ada niat untuk mencoba dan tekun belajar maka apa yang kita pelajari akan menghasilkan sesuatu yang baik. Kesan pertama saya belajar melukis sangat menyenangkan dan ingin belajar lagi agar lukisan saya menjadi lebih bagus lagi.

By : Dwi Sariani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar