Sekilas
mengenai Kurikulum KTSP
Rencana
Kegiatan Pembelajaran (RPP) merupakan turunan dari silabus untuk mengarahkan
kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran, metode pembelajaran seperti metode
ceramah, metode diskusi, metode unjuk kerja dan sebagainya serta terdapa pula
evaluasi.
Setiap pendidik
pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis
agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta dapat
menumbuhkan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan
psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) atau subtema
yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Adapun beberapa
komponen-komponen dalam RPP yaitu sebagai berikut.
1.
Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan.
2.
Identitas tema/subtema.
3.
Kelas/semester.
4.
Alokasi waktu.
5.
Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran mengenai
kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus
dipelajari siswa. KI sudah sudah ditetapkan oleh negara dan tidak bisa diubah (given).
6.
Kompetensi Dasar (KD) merupakan kenampakan
spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan
pelajaran. Kd juga sudah diturunkan dari pusat, tinggal diturunkantanpa boleh
diubah. Contoh isi dalam KD yaitu:
-
Merasakan :
syukur
-
Menunjukkan :
berkarya
-
Menunjukkan rasa ingin tahu : bertanggung jawab
-
Mengenal pola
7.
Indikator dikembangkan sesuai dengan kondisi
siswa (bisa dibuat oleh guru sesuai keperluan). Indikator digunakan sebagai
dasar untuk menyusun alat penilaian atau bisa diukur secara operasional. Contoh
isi indikator:
-
Menyatakan rasa syukur.
-
Membuat karya lipatan warna sederhana
-
Menanyakan sesuatu yang tidak dimengerti
-
Membuat gambar dengan menggunakan teknik lipatan
8.
Tujuan
Pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD serta dapat diorganisasikan mencakup
seluruh KD atau diorganisasikan setiap pertemuan, yang mencakup sikap,
pengetahuan dan keterampilan.
9.
Karakteristik siswa yang diharapkan berkembang.
10.
Materi ajar yaitu rincian dari pokok materi yang sesuai dengan rumusan indikator
ketercapaian kompetensi.
11.
Metode pembelajaran merupakan rincian dari
kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaranagar dapat mencapai KD yang akan dicapai.
12.
Kegiatan belajar, mencakup:
a.
Kegiatan Awal
b.
Kegiatan Inti yaitu : Eksplorasi (menggali lebih
dalam, membangun, mencari, mencoba), Elaborasi (penjelasan, pendalaman) dan
Konfirmasi (umpan balik guru maupun siswa seperti bertanya).
c.
Penutup
13.
Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak
dan elektronik, alam sekitar dan lain sebagainya. Alat pembelajaran adalah alat
bantu yang memudahkan memberikan pengertian kepada siswa.
14.
Penilaian.
a.
Berisi jenis/teknik penilaian.
b.
Bentuk instrumen.
c.
Pedoman perskoran.
Contoh RPP yang saya buat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
1.
Sekolah :
SD Negeri 1 Nusasari
2.
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
3.
Kelas / Semester :
V/I
4.
Alokasi Waktu :
3 x 35 Menit
B. Standar Kompetensi :
1.
Mengapresiasi karya seni rupa
C. Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi
teknik batik sederhana
D. Indikator :
1.1.1
Membuat karya seni rupa menggunakan teknik batik
sederhana
1.
Melaui
membaca materi di buku ajar dilanjutkan dengan diskusi kelompok, akhirnya siswa
dapat mengetahui cara membuat karya seni rupa menggunakan teknik batik
sederhana
2.
Melaui
membaca materi di buku ajar dilanjutkan dengan diskusi kelompok, akhirnya siswa
dapat mengetahui alat dan baha yang digunakan untuk membuat karya seni rupa
menggunakan teknik batik sederhana
F. Karakter Siswa yang Diharapkan Berkembang:
1.
Tanggung
Jawab (responsibility)
2.
Teliti
3.
Tekun
dan Gemar Membaca (diligence)
4.
Berani
(audacious)
5.
Mengembangkan
Rasa Ingin Tahu
6.
Menghargai
Orang Lain
G. Materi
Ajar
1.
Pengertian
Batik
2.
Teknik
Batik Sederhana
H. Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Diskusi
3.
Pemberian Tugas
I.
Kegiatan Belajar
1.
Kegiatan
Awal (10 menit)
a.
Mengucapkan salam pembuka
b.
Sembahyang
bersama
c.
Absensi
d.
Menyiapkan berbagai media pembelajaran
e.
Apersepsi
f.
Guru
menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
siswa
g.
Guru menyampaikan cakupan materi yang akan
dipelajari demi tercapainya tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti (90 menit)
1) Eksplorasi
a.
Siswa
membaca dan mengkaji materi mengenai teknik batik sederhana yang ada di buku
paket.
b.
Siswa
ditugaskan mengidentifikasi bahan-bahan yang dapat digunakan dalam membuat
karya seni dengan menggunakan teknik batik sederhana.
2) Elaborasi
a.
Siswa mencatat dan membaca kembali beberapa hal
yang dirasa penting tentang hasil eksplorasinya.
b.
Guru memperlihatkan contoh referensi dari
gambar-gambar yang sudah ada.
c.
Siswa ditugaskan untuk membuat gambar
menggunakan teknik batik sederhana.
d.
Guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
3) Konfirmasi
a.
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
b.
Guru memfasilitasi siswa untuk merefleksi dan
merevisi hasil eksplorasinya yang masih salah untuk mendapatkan suatu konsep atau
keterampilan yang benar.
c.
Jika masih diperlukan, guru membimbing siswa
untuk melakukan eksplorasi lanjutan.
3.
Penutup
(15 menit)
a.
Guru
memeriksa hasil karya siswa menggunakan teknik batik sederhana.
b.
Guru dan siswa mengadakan refleksi terhadap
proses dan hasil belajar antara lain dengan menyampaikan kesan-kesan dan
saran-saran untuk keberhasilan pembelajaran selanjutnya.
c.
Guru memberi pekerjaan rumah agar siswa dapat
lebih memahami materi yang telah dipelajari.
d.
Doa akhir pelajaran dan salam penutup.
J.
Sumber/Alat/Bahan
1.
Buku paket SBK
2.
Gambar dan foto karya seni rupa
3.
Alat gambar
4.
Bahan gambar
F. Penilaian
1.
Penilaian proses : hasil pengamatan proses
kegiatan siswa selama belajar
Penilaian hasil: tes
tulis
By : Dwi Sariani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar