xxx

Senin, 09 Juni 2014

Kurikulum KTSP

Sekilas mengenai Kurikulum KTSP

Rencana Kegiatan Pembelajaran (RPP) merupakan turunan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran, metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode diskusi, metode unjuk kerja dan sebagainya serta terdapa pula evaluasi.
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta dapat menumbuhkan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Adapun beberapa komponen-komponen dalam RPP yaitu sebagai berikut.
1.        Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan.
2.        Identitas tema/subtema.
3.        Kelas/semester.
4.        Alokasi waktu.
5.        Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dipelajari siswa. KI sudah sudah ditetapkan oleh negara dan tidak bisa diubah (given).
6.        Kompetensi Dasar (KD) merupakan kenampakan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan pelajaran. Kd juga sudah diturunkan dari pusat, tinggal diturunkantanpa boleh diubah. Contoh isi dalam KD yaitu:
-       Merasakan       : syukur
-       Menunjukkan  : berkarya
-       Menunjukkan rasa ingin tahu  : bertanggung jawab
-       Mengenal pola
7.        Indikator dikembangkan sesuai dengan kondisi siswa (bisa dibuat oleh guru sesuai keperluan). Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian atau bisa diukur secara operasional. Contoh isi indikator:
-       Menyatakan rasa syukur.
-       Membuat karya lipatan warna sederhana
-       Menanyakan sesuatu yang tidak dimengerti
-       Membuat gambar dengan menggunakan teknik lipatan
8.         Tujuan Pembelajaran dirumuskan berdasarkan KD serta dapat diorganisasikan mencakup seluruh KD atau diorganisasikan setiap pertemuan, yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.
9.        Karakteristik siswa yang diharapkan berkembang.
10.    Materi ajar yaitu rincian dari pokok materi  yang sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
11.    Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaranagar dapat mencapai KD yang akan dicapai.
12.    Kegiatan belajar, mencakup:
a.       Kegiatan Awal
b.      Kegiatan Inti yaitu : Eksplorasi (menggali lebih dalam, membangun, mencari, mencoba), Elaborasi (penjelasan, pendalaman) dan Konfirmasi (umpan balik guru maupun siswa seperti bertanya).
c.       Penutup
13.    Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar dan lain sebagainya. Alat pembelajaran adalah alat bantu yang memudahkan memberikan pengertian kepada siswa.
14.    Penilaian.
a.       Berisi jenis/teknik penilaian.
b.      Bentuk instrumen.
c.       Pedoman perskoran.




Contoh RPP yang saya buat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.      Identitas
1.      Sekolah                      : SD Negeri 1 Nusasari
2.      Mata Pelajaran           : Seni Budaya
3.      Kelas / Semester         : V/I
4.      Alokasi Waktu           : 3 x 35 Menit

B.       Standar Kompetensi      :
1.    Mengapresiasi karya seni rupa
C.      Kompetensi Dasar          :
            1.1  Mengidentifikasi teknik batik sederhana
D.      Indikator                         :
       1.1.1        Membuat karya seni rupa menggunakan teknik batik sederhana
                                                 
E.       Tujuan Pembelajaran
1.      Melaui membaca materi di buku ajar dilanjutkan dengan diskusi kelompok, akhirnya siswa dapat mengetahui cara membuat karya seni rupa menggunakan teknik batik sederhana
2.      Melaui membaca materi di buku ajar dilanjutkan dengan diskusi kelompok, akhirnya siswa dapat mengetahui alat dan baha yang digunakan untuk membuat karya seni rupa menggunakan teknik batik sederhana

F.       Karakter Siswa yang Diharapkan Berkembang:
1.      Tanggung Jawab (responsibility)
2.      Teliti
3.      Tekun dan Gemar Membaca (diligence)
4.      Berani (audacious)
5.      Mengembangkan Rasa Ingin Tahu
6.      Menghargai Orang Lain

G.      Materi Ajar
1.      Pengertian Batik
2.      Teknik Batik Sederhana

H.      Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi
3.      Pemberian Tugas

I.         Kegiatan Belajar
1.      Kegiatan Awal (10 menit)
a.    Mengucapkan salam pembuka
b.    Sembahyang bersama
c.    Absensi
d.   Menyiapkan berbagai media pembelajaran
e.    Apersepsi
f.     Guru menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
g.    Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari demi tercapainya tujuan pembelajaran

2.    Kegiatan Inti (90 menit)
1)   Eksplorasi
a.    Siswa membaca dan mengkaji materi mengenai teknik batik sederhana yang ada di buku paket.
b.    Siswa ditugaskan mengidentifikasi bahan-bahan yang dapat digunakan dalam membuat karya seni dengan menggunakan teknik batik sederhana.
2)   Elaborasi
a.    Siswa mencatat dan membaca kembali beberapa hal yang dirasa penting tentang hasil eksplorasinya.
b.    Guru memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang sudah ada.
c.    Siswa ditugaskan untuk membuat gambar menggunakan teknik batik sederhana.
d.   Guru memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.

3)   Konfirmasi
a.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
b.    Guru memfasilitasi siswa untuk merefleksi dan merevisi hasil eksplorasinya yang masih salah untuk mendapatkan suatu konsep atau keterampilan yang benar.
c.    Jika masih diperlukan, guru membimbing siswa untuk melakukan eksplorasi lanjutan.

3.    Penutup (15 menit)
a.    Guru memeriksa hasil karya siswa menggunakan teknik batik sederhana.
b.    Guru dan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar antara lain dengan menyampaikan kesan-kesan dan saran-saran untuk keberhasilan pembelajaran selanjutnya.
c.    Guru memberi pekerjaan rumah agar siswa dapat lebih memahami materi yang telah dipelajari.
d.   Doa akhir pelajaran dan salam penutup.

J.        Sumber/Alat/Bahan
1.      Buku paket SBK
2.      Gambar dan foto karya seni rupa
3.      Alat gambar
4.      Bahan gambar

F.       Penilaian
1.      Penilaian proses : hasil pengamatan proses kegiatan siswa selama belajar
Penilaian hasil: tes tulis

By : Dwi Sariani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar